Shortcourse PKUMI Being Global Ulama

Dengan menggabungkan pengajaran akademis dengan pengalaman praktis, PKUMI Being Global Ulama di Cairo, Mesir, diharapkan akan memberikan landasan kuat bagi para ulama muda untuk menjembatani kesenjangan antara tradisi dan tantangan modern, sambil tet

Shortcourse PKUMI Being Global Ulama

Pekan pertama (9 - 30 Agustus 2023)

Alhamdulillah rombongan Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI) tiba di bandara Cairo Mesir pada hari Senin, tgl 7 Agustus 2023 jam 05.30. Semua proses imigrasi lebih mudah dengan bantuan dari pihak KBRI di Cairo.

Penjemputan dilakukan oleh CECF and Al-Basheer, Imam Mohamad Bashar Arafat dengan menggunakan bus. Total rombongan kolter pertama sejumlah 15 org mahasiswa master dan doktor ditambah pendamping ibu Rosita Tandos, PhD (Manajer PKU Perempuan).

Selanjutnya, mahasiswa laki-laki dan perempuan (dengan lokasi yg berbeda) diantar ke flat nga masing-masing dan beristirahat.

Kegiatan Introductory Academic Program of Being Global Ulama bersama CECF and al-Basheer dimulai hari Rabu, 9 Agustus 2023 jam 09.00 pagi. Dimulai dengan pembukaan dari Imam Dr. Mohamad Bashar Arafat dan Ibu Rosita Tandos. Mahasiswa/i diberikan penjelasan atau overview trkait program.

Siang hari mahasiswa coffee break dan small lunch bersama. Semua disiapkan oleh CECF and al-Basheer. Tempat pelaksanaan di hall Hotel Jewel an Nashr. Kegiatan berlangsung hingga jam 4 sore. 

Hari kedua

Kamis, 10 Agustus 2023, kegiatan dilaksanakan di hall Muhammadiyah Cabang Istimewa Mesir. Ruangan lebih nyaman dengan materi terkait penajaman konsep Global Ulama, persiapan, peluang dan potensi ke depan. Sesi siang hari diisi dengan sharing Dr. Kareem Husain (dari Cairo Univ) terkait pengalaman belajar di Mesir dan peluang networking. Sesi sore hari 3.30-5.00 pm menghadirkan Imam Dr. Amin yang merupakan .. dengan pembahasan terkait 'Peran Global Imam dalam membimbing masyarakat'.Di hari kedua ini, 6 mahasiswa/i kloter kedua sampai dan dijemput dengan tim CECF and al-Basheer di bandara Cairo.

Hari ketiga

Jumat, 11 Agustus 2023 mahasiswa/i (jumlah 21 orang) melanjutkan kegiatan di Masjid Al-Azhar University. Dengan kegiatan dzikr bersama dilanjutkan dengan sholat Jumat berjamaah. Selesai sholat, makan siang dan kuliah kembali (04.00-06.30) dengan topik Inter-Religious and Inter-Spirituality. Kuliah dilaksanakan di Hall KMJ Cairo.

Hari ke empat

Sabtu, 12 Agustus 2023 kegiatan tour ke Giza Pyramid yang dimaksudkan agar mahasiswa/i dapat melihat langsung situs Anciet Egypt Civilization. Mempelajari kisah dan sejarah dibalik berdirinya Piramida dan Spinx.

Hari ke lima

Ahad, 13 Agustus 2023 mahasiswa diberikan waktu libur dan mereka menyelesaikan proses lapor diri di kementerian luar negeri Mesir dan KBRI Cairo, sebagai persyaratan beasiswa LPDP ketika sampai di kota tujuan shortcourse.

Tags :
Share :

Related Posts: